10
Nov
08

Twilight vs. Harry Potter ???

Di atas hamparan rumput dua remaja itu berbincang serius. Yang satu gadis belia, dan lainnya pemuda tampan yang kulitnya berpendar terkena cahaya matahari. Pemuda itu adalah vampir!

Itulah sepenggal mimpi yang menyelinap dalam tidur Stephenie Meyer lima tahun lalu. Ia menuangkan kisah mimpinya itu menjadi sebuah novel bertajuk Twilight. Dan luar biasa, debutnya itu langsung memuncaki daftar buku laris di Amerika Serikat. “Mimpi itu begitu nyata, jadi saya merasa harus menulisnya,” kata Stephenie.

Sejak mimpi itu, sepanjang tiga bulan penuh Stephenie terus menulis novel. Ia menembus jam-jam tidurnya dan terkadang harus mengetik dengan satu tangan, karena tangan lainnya mendekap bayinya yang tertidur pulas di pangkuan.

Twilight dan tiga novel sekuelnya pun terjual ratusan juta eksemplar. Kini, novel itu telah diterjemahkan ke dalam 20 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Twilight juga diangkat menjadi film layar lebar. Rencananya, akan diputar di bioskop pada November mendatang.

Selain serial Twilight, Stephenie juga menulis novel fiksi ilmiah The Host. Isinya, kisah cinta yang melibatkan alien yang menginvasi bumi. Cerita ini kian menegaskan gaya tulisan Stephenie yang mengemas ulang kisah horor dan cerita fiksi ilmiah menjadi kisah romantis.

Uniknya, penulis yang tak doyan minum alkohol ini membuang semua unsur kekerasan, senjata, dan seks dari novelnya. Paling banter tokoh novelnya hanya berpegangan tangan. Berkelahi pun digambarkan lewat perang urat saraf.

Bahkan vampir versi Stephenie cukup nyeleneh: tak mengisap darah manusia dan punya sifat baik, serta suka menolong orang. Bagi Stephenie, itu menggambarkan pandangannya soal hidup, “Seperti apa pun kondisinya, kita selalu bisa memilih jadi berbeda karena jalan alternatif selalu ada,” ujarnya.

Sosok ibu muda ini pun kemudian dibanding-bandingkan dengan J.K. Rowling yang menulis Harry Potter saat anaknya tertidur lelap. Kadang ia jengah lantaran banyak yang mencibir dia mendompleng sukses Rowling.

Dengan rendah hati Stephenie menyatakan kesuksesannya tak lepas dari karya Rowling. Menurut dia, berkat Rowlinglah kini anak-anak mau membaca buku setebal ratusan halaman dan orang dewasa juga mau membaca buku anak.

Yang pasti, Stephenie tak pernah berniat menjadi penulis, apalagi menjadi novelis sukses seperti Rowling. Karena itu pula, beasiswa yang diperolehnya dihabiskan untuk kuliah jurusan studi sastra, bukan jurusan menulis kreatif.

Ia teringat lelucon-lelucon yang meledek suramnya masa depan mahasiswa jurusannya, yang paling jauh cuma bekerja di restoran. “Buat mereka yang membuat lelucon itu sekarang saya cuma mau bilang: ha-ha-ha….”

stephenie meyerYa, penggemar Shakespeare ini tahu benar, orang yang tertawa terakhirlah yang menang. OKTAMANDJAYA WIGUNA

BIODATA

Nama: Stephenie Morgan Meyer
Lahir: Hartford, Connecticut, 24 Desember 1973
Orang tua: Stephen dan Candy Morgan
Anak kedua dari enam bersaudara
Suami: Christian Meyer
Anak: Gabe, Seth, dan Eli

Pendidikan:

  • Sarjana sastra Inggris dari Brigham Young UniversityPenghargaan:
    1. Top Ten Best Book for Young Adults dan Top Ten Books for Reluctant Readers dari American Library Association untuk Twilight
    2. Best Book of the Year dari Publishers Weekly untuk Twilight
    3. Best Book of the Decade…So Far dari Amazon.com

    Bibliografi:

  • 2008 Breaking Dawn
  • 2008 The Host
  • 2007 Eclipse
  • 2007 From Nights From hell
  • 2006 New Moon
  • 2005 TwilightFakta seputar Stephenie:
    1. Kota Forks, Washington, yang menjadi latar cerita Twilight merayakan Hari Stephenie Meyer setiap 13 September. Ini mengikuti hari kelahiran Bella Swan, tokoh novel tersebut.
    2. Dia adalah fans berat band Muse, sampai-sampai tokoh novelnya, Bella, digambarkan penggemar kelompok musik cadas itu. Bahkan konser musik yang ada dalam novel merupakan pementasan Muse.
    3. Suaminya yang berjulukan Pancho adalah teman sepermainan sejak Stephenie berumur empat tahun.
    4. Stephenie juga menulis cerita sekaligus menyutradarai klip videop band beraliran rock, Jack’s Mannequin.
    5. Penulis lain biasanya menyembunyikan naskah novel terbarunya, Stephenie malah memuat draf novel Midnight Sun di situs pribadinya.
    6. Stephenie selalu dibanding-bandingkan dengan J.K. Rowling. Faktanya, novel New Moon menggeser posisi jilid terakhir Harry Potter dari puncak daftar buku terlaris New York Times. Jadwal tayang perdana film Twilight pada 21 November 2008 pun sebenarnya jadwal pemutaran hari pertama film Harry Potter and the Half-Blood Prince.
  • www.korantempo.com


    6 Responses to “Twilight vs. Harry Potter ???”


    1. Desember 9, 2008 pukul 9:33 am

      5. Penulis lain biasanya menyembunyikan naskah novel terbarunya, Stephenie malah memuat draf novel Midnight Sun di situs pribadinya.

      Bukannya justru dia nyadar ada orang yang muat draft Midnight Sun-nya di internet, dan karena itu dia gak yakin mau lanjutin Midnight Sun yah?
      Dan karena itu juga dia ngasih draft-nya yang gak selesai di blognya.

      As some of you may have heard, my partial draft of Midnight Sun was illegally posted on the Internet and has since been virally distributed without my knowledge or permission or the knowledge or permission of my publisher.

      So where does this leave Midnight Sun? My first feeling was that there was no way to continue. Writing isn’t like math; in math, two plus two always equals four no matter what your mood is like. With writing, the way you feel changes everything. If I tried to write Midnight Sun now, in my current frame of mind, James would probably win and all the Cullens would die, which wouldn’t dovetail too well with the original story. In any case, I feel too sad about what has happened to continue working on Midnight Sun, and so it is on hold indefinitely.

      Huhuhu…
      Padahal pengen
      T^T

    2. 2 Potter Maniac
      Juni 16, 2009 pukul 4:15 pm

      “Stephenie selalu dibanding-bandingkan dengan J.K. Rowling. Faktanya, novel New Moon menggeser posisi jilid terakhir Harry Potter dari puncak daftar buku terlaris New York Times. Jadwal tayang perdana film Twilight pada 21 November 2008 pun sebenarnya jadwal pemutaran hari pertama film Harry Potter and the Half-Blood Prince.”

      Jilid terakhir Harry Potter tergeser karena sudah terbit selama 1,5 tahun, jadi ini wajar terjadi..

      Harry Potter And the Deathly Hallows sendiri merupakan novel atau buku terlaris sepanjang masa versi Wikibook dan majalah Forbes, mengalahkan Holy Bible. Penjualannya mencapai angka 8 juta kopi di Inggris saja, 1 jam sebelum diluncurkan.

      Dan mengenai Jadwal pemutaran film, Warner Bros mengkonfirmasi penundaan jadwal Harry Potter 6 terlebih dahulu sebelum Summit Entertainment mempercepat tanggal Rilis Twilight. Dan alasan penundaan Film Harry Potter ini tidak ada sangkut pautnya dengan Twilight..

      So, Harry Potter Serial is 10000000x better than Twilight, even The Lord Of The Rings Trilogy.
      This Thread is just like comparing Goliath and David.

    3. 3 Potter likers
      September 24, 2009 pukul 3:55 am

      Heemm saya penyuka dua2nya, tapi twilight baru nonton filmnya. Memang twilight bagus tapi gausah banding2in dengan HP gitu lah, serasa twilight lebih bagus dr HP. Dua2nya udah pny masanya masing2, keasikannya masing2 dan tentunya fansnya masing2. Dua2nya bgs, kembali ke penontonnya lagi lah.

    4. 4 tri3
      November 27, 2009 pukul 1:02 am

      3 rasa HP ‘n Twilight ga bisa dibandingin… 3 suka bgtz keduanya. koleksi buku2 ‘n filmny jg. so… kalo d tanya yang mana yang paling 3 suka??? emh, bingung!!! tapi mungkin perjuangan 3 dapat bukunya HP lebih susah. karena mesti bnyk nabung n blm lg nunggu bukunya terbit luama bgtz. sementara Twilight 3 langsung bisa dapat ke-4,ny… hehehe… so, buat 3 HP lebih berkesan. eitz bukan berarti 3 lebih ngerasa suka HP daripada Twilight. 1X lg… 3 suka 2-2ny!!!

    5. 5 intan
      Juli 19, 2010 pukul 9:11 am

      yah jelasan bagusan hp la
      tpi twilight jgag bgus sii
      tpi pkoknya harry potter tetap number one

    6. 6 Lynd
      November 17, 2010 pukul 4:09 am

      I think harry potter’s better than twillight🙂
      kalo twilight bagus juga
      tapi terlalu banyak adegan kiss nya
      jadi terlalu gimanaaa gitu
      so, I love Harry Potter


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s


    November 2008
    S S R K J S M
        Des »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930

    Blog Stats

    • 76,256 vampir

    Mugglenet

    Visit MuggleNet.com!
    Indonesians’ Beautiful Sharing Network

    my Twitter,,

    my plurk,,

    komen yah,,

    Blogger Indonesia
    KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
    No Smoking
    Indonesian Muslim Blogger
    Brighter Planet's 350 Challenge
    Humor Blogs - Blog Top Sites

    %d blogger menyukai ini: